5 Wisatawan Tersesat di Hutan Sumbawa, Tim Sar Berhasil Temukan Mereka Dalam Kondisi Selamat

  • Whatsapp
Para wisatawan yang tersesat (Sumber : Basarnas Mataram)

MATARAM – Tim pencarian dan pertolongan (SAR) berhasil menemukan lima orang wisatawan lokal yang dilaporkan tersesat di kawasan hutan Air Terjun Deswa Marente, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu 18 Oktober 2020.

Kronologi kejadian bermula saat para wisatawan lokal yang berjumlah 15 orang pergi ke lokasi Air Terjun Deswa Marente sekitar pukul 09.00 WITA. Kemudian mereka beranjak pulang sekitar pukul 16.00 WITA. Namun, sebanyak 10 orang turun melalui jalur yang sama dengan jalur mereka berangkat.

Sedangkan lima orang lainnya memilih jalur yang berbeda dan akhirnya tidak menemukan jalan pulang karena jalur yang dilalui mereka buntu yang akhirnya membuat mereka berlima tersesat.

“Setelah dilakukan pencarian selama beberapa jam, kelima korban berhasil ditemukan dalam keadaan selamat sekitar pukul 23.40 WITA,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Mataram Nanang Sigit PH melalui keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Senin (19/10/2020).

Nanang menyebutkan lima orang wisatawan yang tersesat itu atas nama Egi, Kep, Chan, Feby dan Mimi.

“Setelah berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan, selanjutnya para wisatawan lokal itu diserahkan ke pihak keluarga,” ujar Nanang.

Sebelumnya, Basarnas Mataram menerima laporan kondisi hilangnya wisatawan tersebut dari anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Sumbawa, pada Minggu (18/10/2020), pukul 22.25 WITA.

Mendengar hal tersebut, Basarnas Mataram kemudian memberangkatkan personel dari Pos SAR Sumbawa untuk melakukan pencarian bersama potensi SAR, termasuk anggota RAPI Sumbawa.

“Tim SAR bersama warga setempat berhasil menemukan lima wisatawan lokal tersesat itu dengan cara mengikuti asap yang bersumber dari api yang dibuat,” pungkas Nanang. (Antara/Richo/Panji)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *