6 Cara Ampuh Hilangkan Bekas Luka yang Membandel Dengan Bahan Alami

  • Whatsapp
Tangan sedang luka (Dok ZH/Berliana)

Zonahitam.com, – Kebanyakan orang pasti mempunyai sebuah bekas luka selama hidupnya. Bekas luka sendiri bisa membuat orang menjadi tidak percaya diri, terlebih jika bekas luka yang menghitam berada dibagian yang sering terlihat seperti wajah, kaki atau tangan. Untuk anda yang mengalami permasalahan bekas luka ada beberapa tips and trick yang bisa dicoba untuk menghilangkan bekas luka dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang efektif untuk menghilangkan bekas luka :

1. Lidah Buaya
Lidah buaya adalah salah tanaman yang memiliki senyawa aloin dan asam salisilat yang dapat menghilangkan bekas luka yang menghitam secara alami. Berikut cara menghilangkan bekas dengan lidah buaya.

Ambil gel dari daun lidah buaya, oleskan gel langsung ke bekas luka anda dengan gerakan memutar Setelah setengah jam, bersihkan gel dengan air dingin segar. Ulangi dua kali setiap hari.

2. Madu
Madu dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka karena mengandung zat antibiotik dan bisa membantu penyembuhan luka secara alami. Madu terutama bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka atau noda hitam bekas jerawat. Berikut cara menghilangkan bekas luka yang menghitam dengan madu.

Sebelum tidur tutupi bekas luka dengan madu. Bungkus bekas luka yang tertutup madu dengan perban, biarkan selama satu malam penuh. Di pagi hari, lepas perban dan bersihkan madu dengan air hangat Jadikan ini bagian dari rutinitas setiap malam.

3. Minyak Kelapa
Minyak kelapa juga termasuk bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai obat penghilang bekas luka. Kandungan vitamin E dalam minyak kelapa dapat mempercepat proses penyembuhan dan mencegah munculnya bekas luka baru. Berikut cara menghilangkan bekas luka dengan minyak kelapa.

Panaskan beberapa sendok makan minyak kelapa atau secukupnya untuk mencairkannya. Pijatkan minyak ke bekas luka selama sekitar 10 menit. Biarkan kulit menyerap minyak selama minimal satu jam. Ulangi dua hingga empat kali setiap hari.

4. Cuka Apel
Cuka sari apel terbukti efektif dapat meringankan pigmentasi. Berikut ini adalah cara menghilangkan bekas luka dengan cuka apel.
Campurkan 4 sendok makan air dengan 2 sendok makan cuka apel. Celupkan bola kapas ke dalam campuran bahan tersebut dan oleskan ke bekas luka dengan lembut. Biarkan mengering dan lakukan ini setiap malam sebelum anda pergi tidur. Cuci area tersebut di pagi hari.

5. Lemon
Air lemon kaya akan vitamin C yang dapat mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit. Vitamin C telah terbukti sebagai agen depigmentasi efektif yang menurunkan pembentukan melanin. Melanin adalah pigmen yang secara alami dapat memberi warna kulit manusia. Berikut cara menghilangkan bekas luka yang menghitam dengan lemon.

Potong irisan dari lemon segar. Gosok lembut sisi lemon yang berair pada bekas luka dan biarkan selama sekitar 10 menit sebelum membilas area tersebut dengan air dingin. Lakukan ini setiap hari kira-kira pada waktu yang sama.

6. Kentang

Tak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan, kentang juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah kecantikan, termasuk menghilangkan bekas luka secara alami. Kentang mengandung enzim yang disebut katekolase yang menekan produksi melanin berlebih pada kulit. Selain itu, vitamin C, vitamin B6, serta potasium dan niacin di dalam kentang, membuat bahan makanan ini dapat menjadi pilihan tepat untuk memudarkan bintik-bintik atau pigmentasi pada kulit. Cara menghilangkan bekas luka dengan kentang cukup mudah, yakni sebagai berikut.

Iris kentang menjadi bulatan tebal dengan gerakan memutar, gosok irisan kentang pada bekas luka. Setelah irisan kentang mulai mengering, buang dan lanjutkan menggosok dengan irisan lain. Lanjutkan menggosok dan mengganti selama sekitar 20 menit dan kemudian biarkan bekas luka mengering dengan sendirinya selama sekitar 10 menit. Bilas area tersebut dengan air dingin Ulangi proses ini setidaknya satu kali setiap hari

Sebelum mencoba pastikan sudah membersihkan bekas luka dengan mencucinya terlebih dahulu dan biarkan hingga mengering. Jika terjadi iritasi silahkan hentikan pengobatan dan selamat mencoba.

Penulis : Berliana
Editor : Panji

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *