Derita Petani Nganjuk, Kemana Pupuk Bersubsidi?

  • Whatsapp
Sutrisno salah satu petani Kecamatan Rejoso yang tidak pernah lagi dapat pupuk bersubsidi

Nganjuk – Pandemi Covid-19 berdampak ke berbagai sektor dan kalangan. Tak terkecuali para petani di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, yang saat ini juga membutuhkan bantuan pupuk bersubsidi dari pemerintah.

Sutrisno (53) petani dari Dusun Jentir, Desa Ngangkatan, Kecamatan Rejoso mengaku, di tahun-tahun sebelumnya ia cukup mudah mendapatkan pupuk bersubsidi, melalui Kelompok Tani setempat.

Bacaan Lainnya

Namun tahun ini, di saat situasi sulit karena Pandemi Covid-19, ia justru sudah tidak pernah mendapatkan pupuk bersubsidi lagi.

“Tahun ini sudah tidak pernah mendapatkan pupuk (subsidi) dari kelompok tani, jadi saya belinya ya di toko biasa,” terang Sutrisno. Senin (21/9/2020).

Kondisi ini sangat disayangkan oleh Sutrisno, karena harga pupuk bersubsidi lebih meringankan bagi para petani dibandingkan dengan harga pupuk nonsubsidi. Sutrisno sendiri juga sudah mengkonfirmasi bagaimana ketersediaan pupuk subsidi di kelompok tani

“Saya juga sudah berkali-kali ke kelompok tani, tapi alasannya pasti telat, ya kita tidak tau yang sebenarnya,” ungkap Sutrisno.

Sedangkan mengenai program kartu tani sebagai alat untuk membeli pupuk bersubsidi, Sutrisno mengaku sudah pernah didata, namun sampai sekarang belum mendapatkan kejelasan tentang nasib kartu tani tersebut.

“Sudah pernah di data, jadi kira-kira ya dapet tapi belum dapat info lagi mengenai hal ini (kartu tani),” ujar Sutrisno. (Ber/SD/Hr/Pj).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *