Nihil Kasus COVID-19, Kabupaten Sabu Raijua Rutin Selenggarakan Ritual Adat

  • Whatsapp
Seorang polisi memberikan masker kepada pengendara dalam kampanye pencegahan COVID-19 di Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur. (Dok Polres Sabu Raijua)

KUPANG, Zonahitam.com, – Kabupaten Sabu Raijua masih mempertahankan status sebagai satu-satunya daerah dari 22 kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang hingga saat ini nihil kasus COVID-19  menurut pejabat Dinas Kesehatan, Sabtu (24/10/2020).
​​​​
Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur David Mandala,  mengatakan bahwa di antara 22 kabupaten/kota yang ada di Nusa Tenggara Timur hanya Sabu Raijua yang tanpa temuan kasus COVID-19 sejak penularan virus corona mulai merebak di wilayah Indonesia pada Maret 2020 sampai sekarang.

“Sampai saat ini memang tidak ada temuan kasus COVID-19 di Sabu Raijua, sehingga harapan kami agar warga daerah itu tetap mempertahankan protokol kesehatan dalam pencegahan COVID-19,” katanya.

Bacaan Lainnya

David menekankan bahwa sebagai satu dari sembilan kabupaten yang tahun ini akan menggelar pemilihan kepala daerah, Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua harus memastikan protokol kesehatan dijalankan oleh seluruh warga dalam setiap kegiatan supaya wilayahnya bisa tetap bebas dari penularan COVID-19.

Sementara itu menurut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sabu Raijua, Paulus Tuka mengatakan sejak awal pemerintah melibatkan semua elemen masyarakat di daerah itu, baik tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah itu.

Selain itu, pemerintah juga melibatkan Dewan Mone Ama (dewan adat), yang dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai penjaga wilayah. Dewan Mone Ama ini tidak henti-hentinya menyelenggarakan ritual adat untuk memagari pulai itu dari ancaman COVID-19.

Ritual dewan adat ini juga sekaligus untuk meminta kepada para leluhur agara menggerakkan hati para penghuni pulai itu untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Jadi bagi saya, kalau sampai hari ini Sabtu Raijua masih bersih dari COVID-19 karena dukungan dari semua elemen masyarakat daerah itu, dan kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan,” kata Paulus Tuka.  (Antara/Berliana/Panji)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *