PT Pertamina Beri Bantuan Kepada UMKM Sebanyak Rp14 M

  • Whatsapp
Penyerahan bantuan Pertamina MOR V kepada salah satu UMKM di Jawa Timur (Antara)

Surabaya – PT Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) V Jatim, Bali dan Nusa Tenggara telah menyalurkan bantuan permodalan kepada 191 Mitra Binaan untuk pengembangan UMKM yang tersebar di empat provinsi, yakni Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Tercatat hingga Oktober 2020 total bantuan yang telah diberikan sebesar Rp14 miliar.

Executive General Manager Pertamina Regional Jatimbalinus, CD Sasongko di Surabaya mengatakan, total bantuan itu sebagai upaya Pertamina memahami pelaku UMKM karena risiko tidak dapat melanjutkan usahanya di saat pandemi COVID-19.

Bacaan Lainnya

“Dengan adanya bantuan ini, UMKM diharapkan bisa mendapatkan pendampingan dan bimbingan dalam menyiasati pengelolaan model usaha untuk menjadi lebih tangguh,” kata Sasongko, Senin (19/10/2020).

Selain itu, kata dia, bantuan ini untuk mendukung UMKM bangkit dari tekanan ekonomi sekaligus sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah, yaitu Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Untuk hari ini, kami menyalurkan bantuan modal sebesar Rp2.135.000.000 melalui Program Kemitraan, kepada 25 UMKM Binaan yang berada di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur,” kata Sasongko.

Sementara itu, salah satu pemilik UMKM Toko Lely yang bergerak di penjualan Sembako, Nurial Fauziah mengakui, bahwa Program Kemitraan dari Pertamina sangat membantu keberlangsungan usahanya.

“Apalagi di pandemi COVID-19 seperti ini, awalnya bingung menjalankan usaha karena modalnya sudah habis. Ketika tahu dari teman bahwa Pertamina memiliki Program Kemitraan mencoba untuk ikut partisipasi dan responnya sangat baik,” kata Nurial.

Ia berharap, bantuan ini merupakan langkah awal untuk keberlangsungan bisnisnya, sehingga bisa mendapatkan pengalaman, serta akses pelatihan dan pemasaran produk agar lebih luas dan dikenal oleh masyarakat. (Antara/Berliana/Panji)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *