Santri Jombang : Rayakan Maulid Nabi Dengan Sukacita

  • Whatsapp
Eggy Nurmadianto salah satu santri asal Jombang.

JOMBANG, Zonahitam.com, – Sejalan dengan ajaran agama Islam, perayaan Maulid atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan hari bahagia yang disambut dengan sukacita oleh umat muslim di seluruh dunia. Bahkan beberapa umat muslim melakukan tradisi atau kegiatan khusus untuk menyambut peringatan Maulid ini.

Seperti yang disampaikan oleh salah satu santri di Pondok Pesantren Al-Hikam Malang Eggy Nurmadianto (22), ia mengatakan bahwa setiap tahun pihak pesantren rutin melaksanakan doa bersama dalam rangka memperingati hari Maulid.

Bacaan Lainnya

“Memang rutin dilakukan setiap tahunnya, kegiatan ini berupa agenda tahlilan dan diba’an,” kata Eggy di Jombang, Kamis (29/10/2020).

SantriĀ  asal Jombang ini juga mengatakan jika kegiatan rutinan ini dilakukan di masjid dengan mengundang masyarakat untuk beramai-ramai berdoa dan bershalawat bersama.

“Biasanya dilakukanĀ  di masjid dan itu nanti mengundang beberapa masyarakat,” ucap Eggy.

Menurut Eggy di Pesantren Al-Hikam sendiri dalam memperingati hari Maulid tidak ada perayaan yang terlalu berlebihan, namun para santri dianjurkan untuk tetap bersuka cita.

“Memang penekannya adalah bagaimana santri ini dianjurkan untuk senang karena ini bulan Maulid Nabi, bulan kelahiran nabi, bulan dimana Uswah Hasanah, dengan cara seperti itulah kita meramaikan dan menghargai nabi,” ujarnya.

Selain itu, setiap kegiatan mengaji yang dilakukan di pesantren nantinya akan diisi dengan dialog atau ceramah yang bertemakan Maulid Nabi.

“Selain itu biasanya pas waktu pengajian ba’da subuh dan ba’da maghrib pasti nanti ceramahnya menyinggung tentang Maulid nabi,” tutur Eggy. (Richo/Berliana)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *