Sekda dan Kadispendukcapil Jombang Terpapar Covid-19, Dirawat di RSUD

  • Whatsapp
Bupati Jombang, Mundjidah Wahab saat diwawancarai wartawan.

JOMBANG, ZonaHitam.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jombang, Akhmad Jazuli, terkonfirmasi positif Covid-19. Ini diketahui dari hasil rapid test dan swab. Saat ini, sedang dirawat di RSUD Jombang.

Hal ini diungkap Bupati Jombang, Mundjidah Wahab. Menurutnya, Sekda Akhmad Jazuli masuk rumah sakit setempat pada Senin, 20 Juli 2020 dini hari, setelah beberapa hari sebelumnya mengalami muntaber.

Bacaan Lainnya

“Beliau sebelumnya sakit muntaber, mungkin kacapekan. Saat ini kondisi Pak Sek (Sekda) sangat baik dan masih menjalani isolasi mandiri di ruang perawatan rumah sakit,” kata Mundjidah pada wartawan, Rabu (22/7/2020).

Mundjidah juga mengatakan, pasca Sekda dinyatakan terkonfirmasi positif Corona, tim Gugus Tugas melakukan tracing. Salah satu hasilnya, seorang Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), dan dua istri pejabat juga dinyatakan positif Covid-19.

“Kepala Dinas ada satu, sudah menjalani protokol kesehatan, dan baik kondisinya,” paparnya.

Disinggung terkait Sekda Jombang terpapar Covid-19 di mana, Mundjidah mengatakan tidak mengetahui. “Saya tidak tahu di mana terpaparnya. Kan beliau rumahnya di Mojokerto. Sehingga bolak-balik Mojokerto – Jombang,” jawabnya.

Sementara Direktur RSUD Jombang, dr Pudji Umbaran menjelaskan, Sekda Jombang dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Jombang, saat ini sedang dirawat di RSUD. “Keluhannya pak Sekda, sakit panas, diare, muntah dan batuk,” ujarnya.

Sedangkan Kadispendukcapil, lanjutnya, Masduki mengalami sakit panas. “Keduanya menjalani rapid test saat masuk rumah sakit, dan hasilnya reaktif,” terangnya.

Setelah itu, sambung Pudji, keduanya menjalani tes swab melalui alat PCR milik RSUD Jombang. Hasilnya, kedua pejabat Pemkab Jombang tersebut dinyatakan positif Covid-19.

“Swab-nya langsung. Begitu pagi masuk rumah sakit, pak Sekda langsung kami infus dan ambil swab. Hasilnya juga langsung kami kirim ke Surabaya,” terangnya.

Ditanya terkait Sekda Akhmad Jazuli terinfeksi dari mana, dr Pudji mengatakan tidak mengetahui. “Yang penting sekarang ini, bagaimana ke depannya tidak menyebar kemana-mana,” pungkasnya.

Seluruh Pegawai Pemkab, Di-Rapit Test

Pasca Sekda Akhmad Jazuli dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, seluruh pegawai Pemkab Jombang menjalani rapid test, pada Rabu (22/7/2020). Hal ini sebagai upaya deteksi awal menyusul adanya sejumlah pejabat Pemkab yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Hari ini seluruh pegawai Pemkab Jombang menjalani rapid test,” ujar Agus Purnomo, Koordinator Pencegahan GTPP (Gugus Tugas Percepatan Penanganan) Covid -19 Kabupaten Jombang.

Disinggung jumlah pegawai yang menjalani rapid test, Agus Purnomo belum bisa menjelaskan secara detail. Alasannya, pihaknya masih melakukan pendataan.

“Pastinya, rapid test sudah kita lakukan di masing-masing OPD (organisasi perangkat daerah),” katanya. (an/zh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *